Penyebab Komputer Bisa Mati Sendiri Saat Booting

Banyak kejadian aneh yang mungkin pernah kita alami ketika menghidupkan sebuah komputer seperti halnya saat kita tekan tombol powernya tidak berapa lama mati. Jadi ini akan membuat kita bingung dan bertanya-tanya mengapa ini terjadi? Apalagi komputer itu sedang dibutuhkan sekali.

Penyebab komputer mati sendiri ada banyak faktornya. Mau tahu apa saja penyebabnya? Simak penjelasan di bawah ini yang mengutip beberapa ulasan dari situs servicekomputerpanggilantangerang.com seperti ini : 

Banyak kotoran 

Salah satu sebab yang sering orang alami saat komputernya mati sendiri pas booting adalah karena kotoran. Kotoran ini berasal dari debu debu yang menempel pada berbagai tempat di dalam cpu. Debu-debu ini akan sangat mengganggu sekali proses pembuangan panas yang terjadi pada CPU. Udara panas yang dihasil tidak bisa dibuang keluar secara maksimal yang akibatkannya komponen bisa menjadi cepat panas. Maka dari itu tidak aneh menjumpai komponen komputer yang rusak akhirnya mengalami gagal booting. 

PSU rusak 

PSU menjadi sebuah komponen sangat penting di kelengkapan komputer. Dengan adanya psu atau power supply ini menjaeikan komputer bisa mendapatkan daya listrik dan membuat komputer menjadi nyala. 

Bagaimana bila PSU menjadi rusak? Pastinya daya yang masuk ini akan mengalami masalah bahkan tidak bisa mengeluarkan daya yang diperlukan. Dengan sumber daya yang dikeluarkan sedikit maka tidak akan bisa mensuplai aliran listrik ke semua komponen yang ada. 

Penyebab rusaknya sendiri ada banyak sebabnya mulai dari umur komponen nya sendiri, arus listrik yang tidak stabil hingga konsleting di bagian komponennya. Bila didapatkan kasus seperti ini segera saja untuk mengganti dengan power supply yang baru yang memiliki spesifikasi yang sama atau bahkan lebih bagus dari yang sebelumnya.

Kerusakan pada VGA 

VGA adalah perangkat pada komputer yang memiliki kontak langsung dengan monitor. Bila VGA ini mengalami masalah atau rusak bisa dipastikan gambar tidak bisa tertampil di layar monitor tak jarang mengeluarkan warna hitam jam bahkan biru. Ada beberapa kejadian dan yang memberi tanda bahwa vganya rusak seperti layar sebentar nyala dan sebentar hidup dan itu berulang kejadiannya. 

Kerusakan pada hardisk 

Bisa juga menjadi penyebab dimana komputer sering mati sendiri ketika melakukan booting. Ini disebabkan karena data yang tersimpan di hardisk tidak bisa terbaca. Mengapa ini bisa terjadi? Yang mempengaruhi sebuah hardisk rusak itu seperti umur hardisk yang sudah lama, overhead, komputer sering mati sendiri, terjadi konsleting. 

Bila sudah rusak maka langkah yang paling baik adalah dengan mengganti hardisk jadi baru. Bingung bagaimana harus memilih hardisk yang tepat? Cara paling mudah adalah dengan membawa CPU tersebut ke toko komputer, namun bila anda tidak sempat maka anda bisa menghubungi seseorang teknik seperti contoh  service komputer jakarta atau mungkin di lokasi dekat anda. Mereka pasti akan tahu dan menemukan hardisk yang cocok. 

Terinfeksi Virus 

Virus memang menjadi hal menakutkan bagi yang memiliki komputer. Bila virus sampai menyerang sebuah komputer bisa dipastikan file-file yang ada rusak dan sistem operasinya tidak akan luput menjadi rusak. Bila sistem sudah rusak maka ketika booting akan mati dengan sendirinya dan biasanya akan mengulang dan mengulang terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *