5 Tips Ampuh Menggemukkan Sapi

Tips Ampuh Menggemukkan Sapi

Kebutuhan daging sapi dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini dipicu oleh meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan populasi sehingga daya beli masyarakat akan lebih tinggi.

Sementara itu, hingga saat ini, untuk memenuhi kebutuhan daging di pasar lokal, pemerintah mengimpor daging sapi dan daging lainnya. Melihat kondisi ini, mengembangkan bisnis pembibitan sapi merupakan peluang besar dan menguntungkan.

Berbeda dengan peternak di luar negeri yang memiliki ratusan sapi oleh satu peternak, Indonesia hanya memiliki 1-3 sapi oleh satu peternak yang rata-rata digunakan sebagai pekerjaan sampingan.

Beternak sapi memang sangat menguntungkan dan menggoda bila dibandingkan dengan komoditas lain. Bayangkan jika harga satu potong daging sapi konsumsi dewasa dihargai 15-20 juta. Dengan hanya memiliki 10 sapi, Anda dapat memprediksi berapa banyak penghasilan yang akan Anda dapatkan.

Karena itu, peternak sapi atau orang yang ingin membuka usaha ternak harus tahu cara menggemukkan sapi berkualitas tinggi dengan cepat. Cara merawat dan memberi makan secara efisien, ekonomis, dan cepat tentu dapat mendukung pengembangan ternak.

Nah, berikut adalah 5 tips efektif dan cepat untuk penggemukan sapi

Kesehatan sapi

Pastikan sapi tidak mengalami masalah kesehatan seperti menderita cacing, diare, diare, dan sebagainya. Jika seekor sapi mengalami masalah kesehatan, ia harus segera dirawat agar penyakitnya tidak menyebar ke sapi lain.

Gunakan obat alami seperti daun pepaya atau daun jambu biji untuk makanan utama. Obat alami terbukti lebih efektif dan efektif dibandingkan dengan obat-obatan herbal dan produk kemasan lainnya.

Ketentuan minum

Pemberian minum dilakukan 3 kali sehari, pagi, siang, dan malam. Untuk pemberian minum di pagi dan sore hari, airnya dicampur dengan tetes tebu dan hasil kebi. Kebi adalah limbah pabrik beras putih yang menyerupai tepung beras.

Tidak ada dosis spesifik untuk tetes. Hanya saja, campur tetes ke dalam air sampai menjadi agak tebal hitam. Sedangkan untuk memberikan kebi sendiri, dari 1 liter air dibutuhkan 10 sendok makan kebi. Perbandingan tetes dan kebi yang diberikan adalah 1: 2. Misalnya, jika tetes diberikan 2 kali, maka hanya satu minuman yang diberikan.

Memberikan tetes bermanfaat untuk mengembangkan dan membuat kompos daging, sedangkan kebi berguna untuk memadatkan daging.

Makanan

Pakan alternatif tidak dianjurkan untuk daging sapi pokok sehari-hari. Jenis pakan yang baik untuk konsumsi ternak adalah rumput Bengal, rumput gajah, rumput raja, tanaman lamtoro, gamal, kaliandra, dan centro. Bisa juga Anda menggunakan alat pencacah rumput agar lebih halus rumputnya.

Pergerakan ternak

Untuk menggemukkan sapi dan membuat daging lebih padat, siapkan ruang kosong yang cukup atau kandang untuk dijalankan. Daging sapi akan menjadi padat dan mudah berkembang jika sistem peredaran darah sapi mengalir dengan lancar dan otot-otot di bagian tubuh sapi itu berkembang.

Jika sapi dibiarkan menganggur dan bermalas-malasan, pasti mereka akan menjadi sumber penyakit karena sirkulasi darah sapi yang buruk.

Itulah 5 tips yang perlu dilakukan oleh peternak jika ingin menggemukkan sapi dalam waktu singkat atau 3 bulan. Kebersihan kandang, kesehatan sapi, makan dan minum, dan pergerakan sapi adalah hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan dan kualitas sapi. Anda juga bisa service ac di service ac jogja. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *